Tips Membuat Anak-anak Mencintai Buku

Tips agar anak cinta buku
Cinta buku

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan ini memang tepat sekali. Dari bukulah kita mengenalkan dunia kepada anak-anak. Semenjak kecil anak-anak sudah mengenal buku. Bahkan kita saja yang sudah dewasa, masih saja berurusan dengan buku. Jika ketika masih kecil anak-anak sudah tidak mencintai buku, maka ini akan menjadi kendala yang besar sekali, karena proses belajar mereka semuanya berhubungan dengan buku. Oleh sebab itu, sebagai pendidik dan orang tua, hendaklah kita berusahalah untuk membuat anak-anak mencintai buku.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat anak-anak betah dengan buku.

1. Seringlah mengajak anak ke toko buku. Ke toko buku bersama anak-anak juga merupakan dalam rangka rekreasi loh. Disana mereka akan lebih akrab dengan ratusan buku-buku karena pada dasarnya mereka memang suka dengan buku. Berbagai macam buku yang ditata sedemikian rupa di toko buku memicu ketertarikan mereka. Jika mereka tertarik, mereka akan memilih buku-buku yang mereka minati. Biarkanlah mereka memilih judul dan cerita yang mereka sukai.

2. Bacakan cerita. Setelah mereka memilih sendiri buku yang dibeli, kita bisa membantu membacakannya. Beri mereka pemahaman sederhana tentang isi buku atau cerita yang mereka pilih. Cerita dalam buku juga banyak manfaatnya.  Jangan lupa memberikan penghargaan jika mereka sudah berhasil menyelesaikan bacaannya. Dengan demikian mereka akan semangat dan tak sabar untuk membeli buku baru berikutnya.

3. Beri teladan. Sebagai pendidik atau orang tua, kita juga hendaknya memberikan contoh agar anak-anak mau mencintai buku. Misalnya dengan menunjukan dan membiasakan membaca buku dirumah, didepan anak-anak. Jika orang tua mereka senang membaca buku, biasanya anak-anak akan meniru perilaku demikian.

4. Belikan atau sediakan tempat penyimpanan buku. Alangkah senangnya anak-anak jika buku-buku yang mereka miliki tersusun dan tersimpan dengan rapih dalam rak atau lemari. Susunan buku yang rapih menggoda anak-anak untuk membacanya. Hal demikian juga mendorong anak-anak untuk merawat dan memelihara buku. Nah kalau sudah demikian maka itu tanda mereka sudah mencintai buku.

Bagaimanapun juga, selama kita hidup kita akan senantiasa berurusan dengan buku. Meskipun dizaman teknologi canggih saat ini buku sudah berubah menjadi buku elektronik, namun bagi anak-anak buku berbentuk fisik tetap menjadi pilihan terbaik.

Jangan bosan-bosan untuk terus berusaha membuat anak-anak mencintai buku, tips diatas bisa anda coba sebagai salah satu langkah untuk mengawali.