Manfaat Cerita Bagi Anak

Cerita Anak
Cerita Anak

Apakabar Ayah Bunda? Semoga dalam keadaan yang sehat dan berusaha terus membahagiakan anak-anak dengan cerita yang seru-seru ya.  Aamin.  Nah, kali ini www.BlogCeritaAnak.Com akan mengungkap apa sih manfaat cerita bagi anak-anak.

Ayah Bunda, jadi ternyata pada sebuah cerita kita bisa mengambil banyak sekali manfaat.  Sebagaimana yang kita ketahui bersama, semejak kita masih kecil kehidupan kita senantiasa dekat sekali dengan yang namanya cerita.  Baik cerita kepahlawanan, tentang perilaku yang baik, sejarah, asal usul suatu daerah sampai kisah yang seram.  Cerita memang selalu menjadi bagian dari kehidupan anak-anak ya.  Dengan cerita mereka mengenal banyak hal. Diantara manfaat cerita adalah :

  1.  Melatih Daya Imajinasi Anak.  Pada saat anak membaca atau mendengar sebuah kisah maka didalam benak anak, mereka membayangkan sebuah situasi mengenai kejadian yang sedang ia baca atau dengar.  Mereka membayangkan tokoh cerita yang cantik dan tampan.  Uniknya, pada setiap anak, imajinasi yang mereka ciptakan berbeda-beda.
  2. Melatih Berbicara.  Cerita bagi anak adalah sarana untuk membantu anak dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara.  Pada cerita mereka sering sekali menemukan kata-kata baru juga bagaimana kata itu diucapkan.  Jika anak baru pertama kali mendengar sebuah kata yang tidak diketahuinya, mereka kadangkala bertanya kepada kita.  Nah, pada saat itulah, dengan memberikan penjelasan yang sederhana, anak akan belajar kosakata baru dan akan meningkatkan kemampuan bicaranya.
  3. Memberi Pelajaran Tentang Perilaku.  Manfaat cerita bagi anak yang lain adalah mengajarkan anak akan sifat-sifat kebaikan.  Dengan menceritakan tokoh yang memiliki sifat baik, kita mudah memberikan nasehat yang akhirnya mudah juga untuk diikuti oleh anak.  Menceritakan karakter yang baik sama dengan memberi teladan kepada mereka, sekaligus membetuk karakter.

Demikian tiga dari manfaat cerita pada anak.  Manfaat lainya juga sangat banyak. Maka marilah kita sebagai orang tua ataupun pendidik terus berupaya mendidik anak-anak salah satunya dengan bercerita.  Di www.blogceritaanak.com ini kami banyak cerita-cerita yang bisa anda gunakan untuk mendampingi putra-putri anda.  Selamat bercerita ya..

-Bekasi Oktober 2016-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *